Inilah Modus Kecurangan Penjualan Tabung Gas 3 Kg

Praktik curang penjualan tabung gas elpiji 3 kg diungkap oleh seorang netizen.


cucok.com - Pemilik akun Facebook Olin Rombe Bunga memposting foto pemberat pada tabung gas elpiji 3 kg. Pemberat berupa lempengan besi dengan berat sekitar 3,5 ons tersebut di tempel di dekat lubang gas dengan cara di las serta di cat dengan warna serupa, yakni hijau.

Inilah Modus Kecurangan Penjualan Tabung Gas 3 Kg

Menurut Olin dalam postingannya, besi yang ditunjuk dalam foto tersebut bertujuan untuk mengurangi berat gas. Dalam foto tampak hanya 1 tempelan besi, namun menurut Olin kadang Ia pernah menemukan sampai 3 lempeng besi yang ditempelkan.

Modus kecurangan penjualan tabung gas elpiji 3 kg ini Olin posting di akun Facebook miliknya pada senin (20/7) lalu. Dengan tambahan lempengan besi yang memiliki berat 3,5 ons tersebut, maka ditengarai isi gas di dalam tabung tidak sesuai dengan standar.

Berikut foto perbandingan  tabung gas elpiji 3 kg yang normal dan tabung gas yang telah ditempeli lempengan besi.

Lempengan Besi Kecurangan Penjualan Tabung Gas 3 Kg

Mantan ketua Tim Reformasi dan Tata Kelola Migas Faisal Basri pernah juga mencurigai adanya kecurangan dalam penjualan gas 3 kg ini. Menurut Faisal, setiap tabung gas elpiji 3 kg pengisiannya tidak penuh, tetapi hanya 90-95 persen saja. Selisihnya yang berkisar antara 5-10%  dari setiap tabung tersebut dijual kembali ke ke Stasiun Pengisian Bahan Elpiji (SPBE). Faisal menaruh curiga karena saat rekannya henda mencoba menimbang ulang tiap tabung gas tersebut, pihak dari Pertamina melarangnya. [via Merdeka]

Comments

Popular posts from this blog

Tips Cepat Dapat Rider Go-Jek, Ganti Saja Nama Pemesan Dengan Nama Artis

Nasabah Bank Mandiri di Bengkulu ini Tiba-tiba Terima Uang Rp. 100 Triliun

Trik Marketing Unik Starbucks, Salah Tulis Nama Agar Pelanggannya Kesal!