Inilah 10 Pekerjaan yang Dapat Untung Besar Saat Lebaran

10 jenis pekerjaan berikut ini mendapatkan untung besar saat lebaran tiba.


cucok.com - Lebaran akhirnya telah tiba. Seperti menjadi tradisi, masyarakat Indonesia selalu disibukkan dengan kegiatan yang berkaitan dengan perayaan hari besar umat Islam tersebut. Tradisi ini justru menjadi berkah bagi sebagian yang lain.

Keberkahan itu didapat oleh mereka yang menjalani profesi memanfaatkan momen lebaran untuk mendapatkan untung besar. Berikut ini 10 jenis pekerjaan yang mendapatkan untung besar saat lebaran tiba seperti dilansir dari brilio.net:

1. Penukaran uang receh
Lebaran tidak pernah lepas dari tradisi salam tempel, memberikan sejumlah uang kepada saudara atau tetangga yang umumnya dilakukan oleh orang tua kepada anak-anak. Bukan uang biasa, tetapi biasanya yang diberikan adalah uang baru yang masih dalam balutan pita bank.

Bank Indonesia biasanya menyediakan layanan penukaran uang baru ini, tetapi antriannya kadang-kadang melelahkan. Kesempatan tersebut dimanfaatkan sebagian orang untuk menawarkan jasa penukaran uang baru. Mereka beroperasi di terminal atau stasiun kereta dan bahkan juga di pinggir jalan.

profesi-dadakan-1-3 (2)

2. Pedagang bungkus ketupat
Tidak semua orang memiliki ketrampilan untuk membuat bungkus ketupat. Jikapun ada yang bisa membuatnya, mungkin waktunya tidak sempat untuk membuatnya. Padahal hampir setiap rumah ingin menyediakan ketupat saat lebaran tiba. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh para pedagang ketupat dadakan untuk meraup untung besar.

profesi-dadakan-1-3 (1)

3. Penjual bunga
Selain silarutahim ke sanak saudaradan tetangga, perayaan Idul Fitri juga diisi dengan ziarah ke makam leluhur atau makam keluarga. Tempat pemakaman menjadi ramai oleh para peziarah saat lebaran tiba. Fenomena ini menjadi berkah bagi para penjual bunga dadakan. Mereka membuka lapak-lapak sederhana di sekitar tempat pemakaman dengan menjajakan bunga Rp. 10 ribu per kantongnya. Padahal di hari biasa, harga bisa kurang dari itu.

profesi-dadakan-1-3

4. Pedagang kue lebaran
Pedagang kue lebaran adalah penikmat keberkahan berikutnya saat lebaran tiba. Saat ini tidak semua rumah bisa meluangkan waktu dan tenaga untuk membuat kue lebaran sendiri. Nah para pedagang kue pun 'terguyur' keuntunggan melimpah dari momen perayaaan Idul Fitri.

profesi-dadakan-4-6 (2)

5. Jual daging
Harga daging memang sedang mahal. Hal ini karena pemerintah sedang menutup kran impor daging sapi dari Australia. Daging sapi yang beredar di pasaran saat ini adalah sapi lokal. Stok daging yang tidak banyak tersebut melambungkan harga daging pada lebaran kali ini.

Pedagang daging baik yang lama maupun yang musiman, biasanya mendapatkan untung yang lebih besar saat lebaran tiba. Setiap rumah ingin menyajikan daging di rumah untuk menjamu tamu yang datang berkunjung untuk silaturahim.

profesi-dadakan-4-6 (1)

6. Pengrajin Toples
Beli kue lebaran pastinya butuh toples sebagai wadahnya. Toples saat ini pun beragam, bahkan beberapa diantaranya dibuat cantik dan unik dan lain dari biasanya. Pengrajin toples mendapatkan keuntungan berlipat saat momen lebaran tiba.

profesi-dadakan-4-6

7. Penjual baju lebaran
Setiap yang merayakan Idul Fitri, pasti tidak ingin melewatkan untuk mengenakan baju baru saat lebaran. Para penjual baru lebaran dadakan tiba-tiba saja menjamur saat lebaran menjelang. Meski harus bersaing dengan mal dan super market yang menawarkan diskon baju lebaran, para penjual baru lebaran dadakan ini sudah memiliki pasar mereka sendiri, dan tentu saja keuntungan besar di tangan mereka.

profesi-dadakan-7-9 (2)

8. Penjual petasan dan kembang api
Walaupun sudah berkali-kali dilarang dan diperingatkan, penjual petasan dan kembang api selalu saja bisa dengan mudah di temui menjelang momen lebaran. Meski kadang harus sembunyi-sembunyi saat berjualan, tapi dagangan mereka selalu laris manis pada momen lebaran.

profesi-dadakan-7-9 (1)

9. Jasa palang kayu motor untuk mudik
Profesi ini mungkin hanya ada pada momen lebaran saja atau tepatnya pada saat momen mudik saja. Jasa palang kayu motor ini akan membuatkan 'bagasi' ekstra untuk motor roda dua yang biasanya dibuat di belakang pembonceng.

profesi-dadakan-7-9

10. Penitipan hewan peliharaan
Pemudik yang memiliki hewan peliharaan di rumah, mau tidak mau harus menitipkan peliharaan mereka di tempat penitipan untuk menjamin hewan-hewan tersebut mendapatkan makan dan perawatan yang baik. Berkah melimpah tempat penitipan hewan peliharaan ini mungkin hanya akan datang sekali dalam setahun, atau tepatnya saat momen mudik lebaran terjadi.

profesi-dadakan-10

Comments

Popular posts from this blog

Tips Cepat Dapat Rider Go-Jek, Ganti Saja Nama Pemesan Dengan Nama Artis

Nasabah Bank Mandiri di Bengkulu ini Tiba-tiba Terima Uang Rp. 100 Triliun

Resto di Depok ini Sajikan Indomie Sama Persis Foto Di Bungkusnya