Google Ikut Merayakan Hari Lahir Monas

cucok.com - Google Doodle hari ini menampilkan gambar tahap pembangunan Monumen Nasional atau Monas yang terdapat di jantung Jakarta yang sekaligus menjadi ikon Ibu Kota tersebut. Tepat hari ini, 12 Juli, 40 tahun yang lalu, Monas untuk pertama kalinya di buka untuk umum.

Google Ikut Merayakan Hari Lahir Monas

Monas adalah monumen peringatan yang didirikan sebagai  bangunan memorial untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia merebut kemerdekaan. Bangunan setinggi 132 meter tersebut pembangunannya dimulai pada 17 Agustus 1961 atas perintah Presiden RI Pertama, Ir. Soekarno.

Sayembara desain rancangan bangunan monumen nasional telah digelar sejak 1955 oleh sebuah komite yang dibentuk pada 17 Agustus 1954.  Dari hasil sayembara, 51 desain diterima oleh komite namun hanya satu desain yang memenuhi kriteria. Desain yang memenuhi kriteria tersebut adalah karya Frederich Silaban, yang dianggap mampu menggambarkan karakter bangsa yang mampu bertahan selama berabad-abad.

Pada tahun 1960, sayembara kedua digelar kembali, namun dari 136 desain yang masuk, tak satupun yang memenuhi kiteria. Ketua juri sayembara lalu meminta rancangan Frederich Silaban sebelumnya untuk ditunjukkan kepada Presiden Soekarno. Ternyata Soekarno tidak menyukai rancangan tersebut karena Beliau ingin monumen yang dibangun kelak berbentuk lingga atau yoni.

Silaban akhirnya memenuhi untuk membuat desain rancangan sesuai dengan tema yang diinginkan Soekarno. Hasil rancangan Silaban ternyata terlalu 'wah' dan akan membebani anggaran negara jika dipaksakan untuk di bangun pada masa itu. Silaban sendiri menolak rancangannya di buat lebih kecil dan lebih menyarankan untuk menunda pembangunan monumen nasional hingga kondisi ekonomi negara membaik.

Soekarno meminta seorang arsitek bernama R.M. Soedarsono untuk melanjutkan rancangan Frederich Silaban. Soedarsono kemudian memasukkan unsur angka 17, 8 dan 45, melambangkan 17 Agustus 1945 ke dalam rancangan monumen nasional tersebut.

Akhirnya saat peringatan Hari Kemerdekaan ke 16, Soekarno memerintahkan pembangunan monumen nasional di atas lahan seluas 80 hektare tepat di depan Istana Negara.

Setelah 14 tahun pembangunan, Tugu Monas akhirnya dibuka untuk umum pada 12 Juli 1975.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Cepat Dapat Rider Go-Jek, Ganti Saja Nama Pemesan Dengan Nama Artis

Nasabah Bank Mandiri di Bengkulu ini Tiba-tiba Terima Uang Rp. 100 Triliun

Trik Marketing Unik Starbucks, Salah Tulis Nama Agar Pelanggannya Kesal!