Akibat Cahaya Flash Kamera, Bayi Usia 3 Bulan ini Menjadi Buta

Hati-hati dengan lampu kamera saat mengambil foto close up pada bayi, bisa mengakibatkan kebutaan!


cucok.com - Sebuah kasus kebutaan pada bayi yang baru berusia 3 bulan terjadi di China yang disebabkan jepretan lampu kamera. Cahaya flash kamera ternyata sangat berbahaya bagi bayi yang masih dalam masa pertumbuhan.

mata bayi

Bayi laki-laki tersebut di foto secara close up dari jarak dekat. Beda jarak antara kamera dengan bayi tersebut hanya sekitar 25 cm. Pemotret lupa mematikan lampu kilat atau flash saat mengambil foto dari jarak dekat tersebut.

Tidak lama kemudian, orangtua bayi tersebut melihat keanehan pada cara anaknya memandang sekeliling, kemudian membawanya ke dokter. Ternyata dokter menyatakan mata kanan bayi itu mengalami kebutaan sementara mata kirinya mengalami penurunan kemampuan penglihatan.

Menurut dokter tersebut, kerusakan pada mata bayi seperti ini permanen dan tidak ada pengobatannya meski dengan operasi mata sekalipun. Cahaya lampu flash pada kamera telah merusak sel-sel di makula.

Makula merupakan bagian dari mata yang memiliki fungsi untuk memfokuskan cahaya yang masuk. Jika makula ini rusak, maka orang tersebut akan kehilangan penglihatan sentral. Makula ini akan terus berkembang pada anak hingga usia balita. Oleh karena itu hati-hati mengarahkan cahaya kuat ke mata anak-anak.

Cahaya kuat disini tidak hanya lampu flash kamera, tetapi juga termasuk lampu di kamar, lampu di kamar mandi dan sebagainya.

Nah mulai sekarang, hati-hati saat menggunakan kamera saat memotret bayi, pastikan lampu flashnya dalam posisi off.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Cepat Dapat Rider Go-Jek, Ganti Saja Nama Pemesan Dengan Nama Artis

Nasabah Bank Mandiri di Bengkulu ini Tiba-tiba Terima Uang Rp. 100 Triliun

Trik Marketing Unik Starbucks, Salah Tulis Nama Agar Pelanggannya Kesal!