Saksikan Gerhana Bulan Total Berwarna Merah Darah Hari Ini, Jam Berapa Harus Melihatnya?

Berharaplah langit cerah sore hingga malam nanti dan Anda pun punya kesempatan melihat Gerhana Bulan yang oleh beberapa media diberi  istilah “Bloodmoon”, dimana bulan akan tampak berwarna merah darah.  Berdasarkan penuturan Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin, selain hari ini serangkaian gerhana bulan total juga akan terjadi pada tanggal 4 April 2015, dan 28 September 2015.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), fenomena gerhana bulan pada hari ini 8 Oktober 2014 dimulai pada pukul 15.14 WIB dan berakhir pada 20.25 WIB. Sementara itu, periode totalitasnya bakal berlangsung selama 1 jam, pukul 17.24-18.24 WIB.

Wilayah Indonesia Timur lebih beruntung karena seluruh fase gerhana bulan total bisa di saksikan secara penuh. Fase gerhana yang dimaksud adalah awal gerhana, gerhana bulan sebagian, gerhana total, hingga kembali lagi ke gerhana sebagian dan akhir gerhana.

gerhana-bulan-total

Berikut prakiraan jam terjadinya Gerhana Bulan Total di seluruh Indonesia

Waktu Terbit Bulan

  1. Kota Jayapura, Papua         17.20 WIT

  2. Kota Ambon, Maluku            18.13 WIT

  3. Kota Makassar, Sulsel          17.50 WITA

  4. Kota Denpasar, Bali              18.09 WITA

  5. Kota Balikpapan, Kaltim        17.59 WITA

  6. Kota Surabaya, Jatim            17.19 WIB

  7. Kota Jakarta, DKI Jakarta      17.43 WIB

  8. Kota Medan, Sumut               18.12 WIB

  9. Kota Banda Aceh, Aceh         18.25 WIB


Tahap-Tahap Gerhana Bulan Total 8 Oktober 2014

  • BULAN MASUK PENUMBRA: Bulan memasuki penumbra Bumi dengan fase gerhana bulan penumbra mulai, pada 15.14 WIB. Warna Bulan masih terlihat kuning cerah, perubahan warna sukar teramati.

  • GERHANA SEBAGIAN MULAI: Bulan memasuki umbra Bumi dengan fase gerhana bulan sebagian mulai, pada 16.15 WIB. Sebagian piringan Bulan mulai tampak gelap.

  • GERHANA TOTAL MULAI: Seluruh Bulan memasuki umbra Bumi dengan fase gerhana bulan total mulai, pada 17.25 WIB. Seluruh piringan Bulan berwarna gelap.

  • GERHANA: Bulan tepat di tengah umbra Bumi (fase puncak gerhana), pada 17.55 WIB. Perubahan warna Bulan paling mencolok, Bulan akan menjadi oranye hingga merah gelap (merah bata).

  • AKHIR GERHANA TOTAL: Bulan mulai keluar umbra Bumi dengan fase gerhana bulan total berakhir, pada 18.24 WIB. Bulan mulai berubah warna lebih terang lagi.

  • GERHANA SEBAGIAN AKHIR: Seluruh Bulan keluar umbra Bumi dengan fase gerhana bulan sebagian selesai, pada 19.34 WIB. Perubahan warna Bulan sulit diamati.

  • BULAN TINGGALKAN PENUMBRA: Seluruh Bulan keluar penumbra Bumi dengan fase gerhana bulan penumbra selesai, pada 20.34 WIB. Warna Bulan kembali kuning cerah.


Saat senja menjelang nanti, warga Indonesia Barat bisa melihat Matahari yang hampir tenggelam di barat dan Bulan yang terbit dengan warna merah darah di timur. Pemandangan ini di namakan dengan "selenelion", yaitu ketika dua benda langit terpisah 180 derajat dari sudut pandang manusia di Bumi.

Sementara Anda tingal di wilayah Indonesia bagian barat bakal melihat Bulan terbit di timur sementara sang surya 'menutup mata' di barat, warga Amerika justru kebalikannya. Mereka akan  melihat gerhana Bulan tenggelam di barat dan Matahari terbit di timur. Jadi dimana pun Anda saat ini menjejakkan kaki, jangan lupa menengadah menatap langit senja nanti, jangan anggap gerhana bulan total hari ini adalah fenomena biasa saja!

Comments

Popular posts from this blog

Tips Cepat Dapat Rider Go-Jek, Ganti Saja Nama Pemesan Dengan Nama Artis

Nasabah Bank Mandiri di Bengkulu ini Tiba-tiba Terima Uang Rp. 100 Triliun

Resto di Depok ini Sajikan Indomie Sama Persis Foto Di Bungkusnya