Top 10 Resep Masakan Paling Disukai di Indonesia

Top 10 Resep Masakan Paling Disukai di Indonesia: By: PROINDONESIANBLOGGER.COM: Masakan Indonesia memang sangat disukai tak hanya oleh orang Indonesia, tetapi hingga mancanegara. Sebagai bukti, terkenalnya makanan olahan rendang yang kini sudah mendapat pengakuan bahwa makanan ini asli Indonesia, yaitu dari pulau Sumatera. Pada tahun 2013 lalu, CNN menerbitkan 40 makanan terbaik dan paling disukai di Indonesia. Dalam artikel ini, penulis akan membahas top 10 resep makanan paling disukai di Indonesia;



1.       Sambal


Posisi pertama ditempati oleh menu makanan sambal. Meskipun hadir sebagai menu pelengkap, nyatanya sambal menempati resep masakan paling disukai di Indonesia. Ada berbagai jenis sambal di Indonesia, ada sambal bajak, sambal terasi, sambal tomat, dan lain-lain. Kali ini yang akan dipaparkan resepnya adalah resep sambal terasi.


Bahan:




  1. 15 buah cabe rawit merah

  2. 9 buah cabe merah besar

  3. 5 siung bawang merah

  4. 2 siung bawang putih

  5. 2 sdt terasi yang sudah matang

  6. 1 sdm gula jawa (jika tidak ada bisa gula pasir)

  7. ½ sdt garam (secukupnya – sesuai selera)

  8. Minyak goreng untuk menumis bumbu.


Cara membuat:




  1. Bersihkan cabe merah dan cabe rawit kemudian goreng hingga layu. Tips menggoreng cabe: iris dulu cabe atau berilah ruang udara pada badan cabe, sehingga tidak meletus ketika digoreng.

  2. Iris bawah merah dan bawang putih (1 bagian menjadi 2),  lalu goreng, tunggu agak layu dan empuk.

  3. Satukan bahan yang sudah ditumis tadi dengan terasi, garam dan gula jawa, lalu diulek. Cara tradisional ini akan membuat sambal terasi lebih nikmat dan segar.


2.       Sate


Banyak sekali jenis sate di Indonesia, ada sate Madura, sate ayam Ponorogo, dan sate lainnya yang juga nikmat. Perbedaan sate tersebut terletak pada jenis bumbu dan pembuatannya. Kali ini, resep masakan sate yang akan dibahas adalah cara membuat bumbu sate kacang ala Madura. Simak!


Bahan:




  1. Bawang putih 4 siung

  2. Bawang merah 5 siung

  3. Kecap manis sebanyak 125 ml (secukupnya – sesuai selera)

  4. Air sebanyak 500 ml

  5. Garam secukupnya

  6. Kacang tanah goreng ¼ kg

  7. Cabai merah 2 biji

  8. Daun jeruk 2 lembar atau secukupnya (sesuai dengan aroma yang diinginkan)


Cara membuat:


a)      Campurkan semua bumbu menjadi satu, kecuali kecap dan air. Lalu diulek hingga halus.


b)      Jika sudah halus, masukkan daun jeruk, kecap, dan air lalu campur hingga rata.


c)       Masaklah hingga mengeluarkan minyak dan tercium bau yang harum.



3.       Bakso


Seperti diketahui, menu makanan ini sudah sampai di telinga orang luar negeri saat dibawa oleh presiden Amerika, Barrack Obama. Di samping merupakan menu andalan masyarakat Indonesia. Tak heran jika resep masakan Indonesia paling disukai ke tiga adalah bakso.


Bahan:




  1. 1 kg daging sapi yang sudah halus (digiling)

  2. 100 gram tepung kanji

  3. 6 siung bawang putih

  4. 1 sdm garam (secukupnya)

  5. ½ sdt merica bubuk

  6. Penyedap rasa secukupnya (optional)


Cara membuat bakso sapi:




  1. Tumbuklah bawang putih hingga halus.

  2. Buatlah adonan yang berisi daging giling, tepung kanji, garam, dan merica bubuk, serta penyedap rasa.

  3. Campurkan bawang putih ke dalamnya.

  4. Buatlah bulatan-bulatan bakso dengan bantuan tangan dan sendok.

  5. Masukkan dalam air yang telah mendidih dan tunggu 10-15 menit hingga mereka mengapung (tanda sudah matang). Kematangan ini tergantung ketebalan dan besar bakso yang Anda buat. Semakin tebal semakin lama. Intinya, ciri bakso yang sudah matang adalah mengapung.

  6. Tiriskan jika sudah matang, sajikan dengan kuahnya.


4.       Soto


Resep masakan soto yang akan dibahas kali ini adalah soto ayam dengan kuah bening.


Bahan:




  1. 1 ekor ayam kampung ukuran sedang, bersihkan lalu potonglah menjadi dua bagian

  2. 2000 ml air


Bahan pelengkap:




  1. Kol iris memanjang sebanyak 200 gram

  2. Tauge yang telah disiram dengan air panas

  3. Soun yang telah direndam di dalam air panas

  4. Telur rebus 3 butir

  5. Tomat merah diiris

  6. Dan bawang goreng yang ditabur.

  7. Bumbu masak soto ayam:

  8. 1 ruas jari lengkuas

  9. 3 lembar daun jeruk

  10. 3 batang daun bawang yang telah dipotong kecil-kecil

  11. 3 lembar daun salam

  12. 2 batang serai

  13. Penyedap rasa (optional)


Bumbu yang perlu dihaluskan dan ditumis di atas api kecil:




  1. Kunyit 1 ½ ruas jari

  2. Kemiri sebanyak 5 butir

  3. Jahe 1 ½ ruas jari

  4. Merica ½ sdt

  5. Bawang merah 3 siung

  6. Bawang putih 6 siung

  7. Garam 2 sdt


Resep sambal khusus soto ayam




  1. 3 biji cabe rawit yang telah direbus

  2. 3 biji cabe merah yang telah direbus

  3. 1 sdt gula pasir

  4. ½ sdt garam

  5. 1 sdm cuka


Cara membuat:




  1. Rebuslah ayam dalam panci, tambahkan bumbu-bumbu yang telah ditumis, dicampur dengan lengkuas, keruk, daun dalam, dan serai yang telah digeprak. Tunggulah hingga ayam matang dan empuk. Sisihkan.

  2. Kuah bening bisa anda tambahkan garam dan merica serta penyedap rasa jika kurang sedap

  3. pisahkan tulang ayam dari dagingnya, lalu masukkan tulang ayam ke dalam kuah agar kuahnya lebih sedap.

  4. Masukkan daun bawang dan didihkan untuk menjaga kehangatannya.

  5. Penyajiannya: masukkan daging ayam yang sudah disuwir, sebagian bahan pelengkap dan siram dengan kuah. Beri irisan telur dan taburi dengan bawang goreng. Siap untuk disantap.


5.       Nasi goreng


Menu makanan ini terbilang sangat sederhana. Anda hanya perlu menumbuk bumbu nasi goreng kemudian menumisnya di atas api kecil. Lalu masukkan nasi dan aduk hingga bumbu dan nasi tercampur rata. Anda juga bisa menambahkan garam, gula, dan kecap saat menggoreng nasi tersebut. Bahan untuk bumbu nasi goreng adalah: Cabe rawit, bawang putih, bawang merah, dan merica. Jika Anda menginginkan variasi pada nasi goreng Anda. Cukup anda tambahkan seafood, sosis sapi, sosis ayam, telur mata sapi, telur orak-arik, dan lain sebagainya.



6.       Gado-gado


Resep makanan gado-gado juga tidak kalah simpel dengan nasi goreng. Sajian yang penuh gizi ini hanya memerlukan rebusan isi gado-gado. Inti dari kelezatan gado-gado terletak pada bumbu kacangnya yang lezat. Nah, untuk membuat bumbu kacang tersebut, Anda memerlukan bahan:




  1. 1/4 kg kacang kulit yang sudah digoreng dan dihaluskan

  2. Daun jeruk 3 lembar

  3. Garam secukupnya

  4. Gula merah 1 ons yang sudah disisir

  5. 700 ml santan encer

  6. Air asam jawa secukupnya

  7. Minyak untuk menumis bumbu.


Selain itu, Anda juga membutuhkan bumbu halus yang berisi cabe merah, cabe rawit, bawang putih,. Ketiganya sudah direbus. Lalu terasi bakar dan kencur.


Cara membuat bumbu kacang untuk siraman gado-gado




  1. Tumis bumbu halus dan daun jeruk hingga harum lalu tambahkan kacang tanah dan kecap, aduk hingga tercampur rata.

  2. Masukkan santan, gula merah, dan garam kemudian masaklah hingga mengental

  3. Sesudah itu tambahkan air asam jawa, aduk hingga rata.


7.       Nasi Uduk


Nasi uduk pada dasarnya merupakan nasi yang memiliki rasa gurih karena pembuatannya menggunakan air santan. Nasi uduk ini biasanya disajikan dengan lauk yang beraneka macam, juga sayuran lainnya, seperti layaknya nasi campur. Terkadang juga disajikan dengan teri goreng, sambal kacang, dan emping goreng. Menu ini sudah sangat masyhur di Indonesia. Bahkan di daerah jawa menjadi menu andalan saat ada hajatan atau upacara adat.



8.       Nasi Padang


Nasi padang banyak jenisnya. Asal muasal penamaan ini adalah dikarenakan banyak warung padang yang semakin menjamur di setiap sudut kota. Baik kota besar maupun kota yang dikategorikan kecil. Nasi padang dengan lauk rendang (daging) sudah menjadi salah satu menu andalan khas Negara Indonesia. Ciri khas dari menu masakan Padang adalah penggunaan rempah-rempah Indonesia yang lengkap, santan, dan cara masak yang cukup lama.



9.      Ayam Goreng


Banyak sekali jenis ayam goreng di Indonesia, ada sejenis ayam kalasan, ayam bumbu kuning, ayam digoreng dengan crispy. Namun, yang membedakan ayam goreng Indonesia dengan ayam goreng luar negeri adalah pemakaian ayam kampung yang tentunya memiliki cita rasa sendiri. Resep masakan yang menempati posisi ke- 9 sebagai kategori paling di sukai di Indonesia ini pun sangat mudah dibuat. Biasanya disajikan dengan lalapan dan sambal. Ke depannya, sepertinya akan ada franchise ayam kampung yang akan menyaingi franchise ayam yang sudah menyebar dengan menu ayam potongnya.



10.    Bakmie Goreng


Resep masakan paling disukai di Indonesia ke-10 adalah resep bakmie goreng. Bahan utamanya adalah mi kering atau basah yang telah diseduh dalam air yang mendidih. Sebagai bumbu utamanya, cabai, merica, dan bawang putih yang telah dihaluskan lalu ditumis. Untuk menu pelengkap, ada sayuran yang bisa Anda pilih sendiri, ditambah dengan seafood, sosis atau menu tambahan sesuai keinginan Anda. Menu yang satu ini sangat lezat jika disantap saat masih hangat. Tentunya taburan bawang goreng bisa membuatnya semakin mengundang lidah.


Itulah top 10 resep makanan yang paling disukai di Indonesia. Sengaja ada beberapa resep yang penulis tulis lengkap dan ada yang tidak. Hal ini karena penulis yakin, pembaca bisa mengetahui resepnya dengan mudah karena menu ini sudah sangat terkenal dan menjadi menu santapan sehari-hari. Selain itu, penulis juga memiliki pendapat bahwa memasak juga membutuhkan kreasi. Tidak melulu harus seperti ini dan itu dan terdoktrin dengan ukuran-ukuran bahan. Tentunya disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan orang yang akan menyantapnya. Misalnya, penggunaan penyedap rasa yang sebagian orang tidak ingin dan tidak membutuhkan. Atau malah ini menjadi bahan yang harus dihindari karena alasan menjaga kesehatan :Top 10 Resep Masakan Paling Disukai di Indonesia.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Cepat Dapat Rider Go-Jek, Ganti Saja Nama Pemesan Dengan Nama Artis

Nasabah Bank Mandiri di Bengkulu ini Tiba-tiba Terima Uang Rp. 100 Triliun

Trik Marketing Unik Starbucks, Salah Tulis Nama Agar Pelanggannya Kesal!