Tips Ampuh Menghadapi Ujian Seleksi Wawancara Pekerjaan

Tips Ampuh Menghadapi Ujian Seleksi Wawancara Pekerjaan: Tahap yang paling mendebarkan saat melamar pekerjaan adalah saat menghadapi ujian seleksi wawancara pekerjaan. Banyak sekali pelamar kerja yang sudah lolos di tahap tes tulis dan psikologi gagal di tahap yang satu ini. Sebenarnya untuk menghadapi ujian seleksi wawancara pekerjaan itu tidak seberat yang Anda pikirkan. Tapi karena banyak yang gagal, akhirnya ujian seleksi yang satu ini menjadi momok. Inilah letak kekeliruannya, ketika sesuatu telah menjadi sebuah hal yang ditakuti, maka bukan tidak mungkin hal tersebut akan menjadi sugesti yang dapat merusak mood serta persiapan Anda yang sudah matang. Maka dari itu, artikel ini akan membahas sebuah tips ampuh menghadapi ujian seleksi wawancara pekerjaan;


Tips Pertama, Ketahui Inti dari Wawancara


Seleksi wawancara pekerjaan terdiri dari beberapa tahapan, yaitu wawancara dengan HRD hingga wawancara dengan user. Nah, dalam setiap tahap, tentunya ada bagian-bagian tertentu yang menjadi pembeda. Namun, Anda perlu mengetahui garis tengah antara setiap wawancara. Apakah itu? Garis tengah atau titik temu dalam setiap wawancara adalah tentang Menjual. Anda sedang menjual skill (keahlian) Anda di perusahaan yang sedang Anda lamar. Anda menjual melalui dialog, penampilan dan gesture tubuh Anda. Pada tahap ini, Anda menjadi visualisasi sekaligus audio dari CV yang Anda tulis. Bahasanya, tentu beda antara tulis dengan lisan.


Tips Kedua, Menjadi Diri Sendiri


Banyak sekali buku tanya jawab pertanyaan wawancara kerja yang tersebar di toko buku. Tak sedikit juga artikel yang membahas khusus tentang pertanyaan seputar wawancara kerja di internet. Namun, beberapa pelamar kerja terkadang kurang bijak memaknai hadirnya artikel dan buku tersebut. Alih-alih ingin lolos, malah menghafal seluruh isi dari buku dan merasa siap karena hafalan tersebut. Hafalan tersebut hanya akan membuat seseorang terlihat kaku dan kurang luwes saat diberi pertanyaan. Wawancara pekerjaan adalah tentang How to Communicate, membahasakan diri Anda dalam bentuk komunikasi yang baik dengan pewawancara. Komunikasi verbal dan nonverbal yang Anda ciptakan tentulah harus menarik. Dan untuk menjadi menarik, Anda perlu menjadi diri Anda sendiri.


Tips Ketiga, Kenali Perusahaan yang Anda Lamar


Hal ini akan sangat penting mengingat Anda dan perusahaan akan terikat kontrak dalam jangka waktu yang lama. Jangan lakukan karena Anda sedang wawancara saja, tetapi lakukan karena memang Anda butuh mengenali dan mengetahui perusahaan yang Anda lamar, dengan begini Anda akan lebih natural. Opsi terakhir, jika Anda mendapatkan informasi perusahaan dari internet atau buku, usahakan untuk tidak menggunakan bahasa artikel atau bahasa buku saat interview. Pakailah bahasa pemahaman Anda yang tentunya benar. Misalnya, Anda sedang melamar di perusahaan asuransi. Saat ditanya, Anda bisa menjawab dengan kalimat positif tanpa harus mengungkapkan secara detail seperti yang Anda ketahui. Sebagai tambahan, sangat baik jika Anda bahkan mengetahui sejarah perusahaan.


Tips Keempat, Istirahat yang Cukup


Bagian terakhir ini jangan sampai diabaikan. Saat menghadapi ujian seleksi wawancara pekerjaan, performa Anda saat tampil di hadapan pewawancara harus prima dan bisa fokus. Jika pada malam harinya karena belajar atau terbawa suasana Anda malah stres, hal ini membawa dampak buruk pada kesehatan Anda yang tentunya berimbas kepada performa dan penampilan Anda yang mungkin akan tampak loyo dan lesu. Perbanyak air putih dan rileks. Jika Anda nervous, tarik nafas yang dalam dari hidung dan buang lewat mulut. Yang paling penting adalah posisikan pikiran Anda calm dan tidak terganggu sedikit pun. Anda siap dan semuanya akan berjalan lancar.



#Video Tips Mengikuti Job Interview


[su_vimeo url="http://vimeo.com/85848779"]


Sumber Video dari Vimeo


4 tips di atas bisa membantu Anda mendapatkan pekerjaan yang Anda impikan. Semoga bermanfaat :Tips Ampuh Menghadapi Ujian Seleksi Wawancara Pekerjaan.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Cepat Dapat Rider Go-Jek, Ganti Saja Nama Pemesan Dengan Nama Artis

Nasabah Bank Mandiri di Bengkulu ini Tiba-tiba Terima Uang Rp. 100 Triliun

Trik Marketing Unik Starbucks, Salah Tulis Nama Agar Pelanggannya Kesal!