Tutorial Cara Membuat Blog Dengan Menggunakan Blogspot

Apa Itu Blog Blogspot?


Cara Membuat Blog: Blogspot adalah layanan penyedia blog gratis yang disediakan oleh Google melalui blogger.com. Awalnya, layanan ini berdiri sendiri yang dimiliki oleh Pyra Labs. Google melihat potensi layanan ini dan memutuskan untuk mengakuisisinya tahun 2002. Sesuai prediksi, layanan ini kini sangat populer.


Untuk bisa memakai blog gratis di blogspot, anda hanya cukup memiliki akun. Kalau anda sudah punya namaanda@gmail.com, maka anda bisa langsung mendaftar melalui blogger.com untuk bisa memakainya. Berikut langkah-langkah yang bisa anda ikuti:


1. Masuk ke blogger.com dan login menggunakan akun Google yang anda punya.


2. Jika belum punya akun Google, cukup klik “buat akun” di bagian bawah. Prosesnya sama seperti membuat akun email.


3. Bagi yang sudah punya akun Google dan sudah login, akan dihadapkan dengan satu form yang perlu anda isi yaitu: Judul Blog, Alamat Blog, dan Template Blog. Contohnya anda ingin membuat blog berisi Panduan Ngeblog:





  • Judul Blog : Panduan NgeBlog

  • Alamat Blog : panduanngeblog.blogspot.com. Sayangnya alamat ini sudah terpakai. Tinggal anda tambahkan kata atau huruf lagi di bagian awal atau akhir. Saya memilih untuk menambahkan huruf ‘g’ di akhir menjadi panduanngeblogg.blogspot.com dan alamat ini tersedia untuk didaftarkan.

  • Template : Pilih yang menarik.



4. Bagian Judul Blog dan Template Blog bisa anda ganti lagi di lain waktu jika merasa kurang pas.


5. Khusus bagian alamat blog (panduanngeblogg.blogspot.com) tidak bisa anda ganti lagi. Jadi pastikan alamat yang anda pilih benar-benar sesuai keinginan anda. Kalau nanti merasa tidak cocok, anda harus membuat blog baru lagi.



Kegunaan dan Fungsi Dari Blog Blogspot


Meskipun gratis, anda tidak perlu meragukan fungsi blogspot atau blogger.com. Bisa anda pakai untuk keperluan pribadi, grup, maupun bisnis. Setting privasi juga bisa anda atur untuk privat (hanya yang anda undang saja yang bisa membacanya) atau publik (semua bisa membaca). Berikut kegunaan dan fungsinya:


1. Blog pribadi


Biasanya ketika googling saya sering mencari “pengalaman kerja di perusahaan p”. Dan Google banyak menampilkan alamat namapemilik.blogspot.com. Misalnya firman.blogspot.com dan isinya memang menceritakan pengalaman pribadi tentang pekerjaan.


2. Blog komunitas


Saya pernah membuatnya untuk merekam progres tugas di sebuah tim. Tugas diberikan di blog, pengumpulan by email. Segala diskusi dilakukan di blog melalui komentar. Settingnya dibuat privat.


3. Blog bisnis


Banyak toko online yang masih memakai blogspot.com. Selain gratis, juga ampuh. Jika kurang senang dengan embel-embel blogspot.com, anda bisa melakukan blogspot custom domain dengan mengganti alamatnya menjadi namabisnisanda.com. Anda hanya perlu membeli nama domain saja.



Tutorial Cara Membuat Blog Dengan Blogspot


Nah, bagi kamu yang ingin membuat blog blogspot secara gratis, kamu bisa langsung belajar dari materi pdf yang sudah kami temukan di google secara langsung. Kami disini tidak membuat materi belajarnya, karena sudah sangat banyak sekali materi belajar tentang cara membuat blog ini, apalagi dengan menggunakan blogspot. Di materi pdf yang kami berikan ini, sudah cukup bagus dan lengkap sekali pembahasannya, jadi kami akan berikan langsung downloatan materinya disini yach:


Link PDF Tutorial Lengkap Membuat Blog Dengan Blogspot : [su_button url="http://tinyurl.com/p2s3peb" rel="nofollow" target="blank" style="flat"]Download Materi[/su_button]

Comments

Popular posts from this blog

Tips Cepat Dapat Rider Go-Jek, Ganti Saja Nama Pemesan Dengan Nama Artis

Nasabah Bank Mandiri di Bengkulu ini Tiba-tiba Terima Uang Rp. 100 Triliun

Trik Marketing Unik Starbucks, Salah Tulis Nama Agar Pelanggannya Kesal!