Sejarah dan Perkembangan PayPal

Sejarah dan Perkembangan PayPal - Sudah tidak dapat diragukan lagi Paypal bukan suatu hal yang asing bagi mereka para pebisnis online. Terutama bagi mereka yang sering melakukan transaksi jual-beli produk luar negeri, baik berbentuk ebook, software, game atau pun barang nyata. Saat ini PayPal menjadi salah satu jasa transfer uang secara online tersohor dan terpercaya.


Menurut keterangan yang ada di wikipedia, PayPal sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa, yaitu jasa transfer uang dan bisa juga transaksi jual-beli antara perorangan maupun kelompok. Perusahaan tersebut juga menyediakan jasa bagi pemilik situs e-commerce, lelangan, dan juga jenis-jenis usaha lain. Dengan hadirnya paypal transaksi jual-beli oneline tentu semakin mudah dan sangat menguntungkan situs-situs e-commerce dan bisnis online internet.


Awal pendiriannya, PayPal digawangi oleh dua perusahaan yakni Confinity dengan X.com yang melakukan kerjasama pada tahun 2000. Kedua perusahaan tersebut terletak bersamaan satu kota di California, Amerika Serikat. Confinity didirikan oleh  Peter Thiel dan Max Levchin sebagai perusahaan jasa perantara pembayaran Palm Pilot dan penyedia layanan kriptografi sedangkan X.com sebagai perusahaan penyedia jasa perencanaan keuangan yang dipelopori oleh Elon Musk.


Selama beberapa tahun saja sejak PayPal didirikan, perusahaan ini tumbuh sangat pesat dan menjanjikan. Salah satu situs jual-beli online eBay bahkan mengakui bahwa PayPal adalah satu-satunya perantara pembayaran yang cocok untuk aktifitas lelang barang di situs mereka. Sebelumnya eBay telah mengaukuisisi Billpoint dan menjadikannya sebagai perantara pembayaran yang diakui eBay meski pembayaran lain masih tetap diizinkan.


Namun data mengejutkan terjadi pada tahun 2000 dimana PayPal telah mencapai angka luar biasa tepatnya pada bulan Februari dimana PayPal mencapai angka sekitar 200.000 penawaran barang per hari sedangkan untuk Ballpoint hanya 4000 penawaran saja. Dan angka mengejutkan terjadi pada 2 bulan setelahnya dimana PayPal sudah mencapai angka lebih dari satu juta penawaran.


Sampai pada akhirnya pada tahun 2002, perusahaan eBay telah resmi mengakuisisi PayPal dengan banderol harga fantastis  USD 1,5 miliar. Kemudian untuk Ballpoint dihapus untuk lebih meningkatkan potensi PayPal. Terbukti, paypal terus merajalela setelahnya. Beberapa perusahaan yang bergerak di bidang yang sama pun secara terpaksa gulung tikar semisal Citibank C2IT, Yahoo! PayDirect, dan BidPay milik Western Union.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Cepat Dapat Rider Go-Jek, Ganti Saja Nama Pemesan Dengan Nama Artis

Nasabah Bank Mandiri di Bengkulu ini Tiba-tiba Terima Uang Rp. 100 Triliun

Trik Marketing Unik Starbucks, Salah Tulis Nama Agar Pelanggannya Kesal!