Cara Mengatasi Kerusakan Laptop Tidak Tampil Pada Layar

Cara Mengatasi Kerusakan Laptop Tidak Tampil Pada Layar - Hampir semua orang, utamanya anak muda zaman ini punya laptop. Memang, laptop telah menjadi kebutuhan dasar manusia sehingga semua harus punya. Nah, pernahkah anda mengalami kerusakan laptop yang menyala tapi layar tidak menampakkan gambar? Ini disebut sebagai black screen atau kerusakan layar. Mau tahu cara mengatasinya? Simak ulasan berikut ini.



Pertama lihat perangkat yang lain, misalnya kipans, CD, atau lampu power. Bila semua menyala, berarti ada yang dicurigai seperti memory utama, VGA, monitor, atau hardisk. Teliti apakah monitornya tipe internal atau eksternal karena keduanya perlu penanganan berbeda. Ini untuk menilik VGA-nya. Cara meniliknya adalah dengan menghubungkan monitor eksternal dengan port VGA. Bila ternyata monitor eksternalnya menyala dengan baik dan monitor internal tidak menyala berarti ada kerusakan pada VGA card-nya.


Selanjutnya perhatikan bunyi yang keluar saat laptop dinyalakan. Misalnya bunyi bip panjang, maka kemungkinan kerusakan terjadi pada VGA card atau RAM. Namun, bila tidak mengeluarkan bunyi berarti kerusakan kemungkinan terjadi pada mainboard, microprosesor atau RAM BIOS. Hal ini penting dilakukan untuk membenahi. Bila sudah ketemu kerusakannya akan lebih mudah memperbaikinya.


Bunyi bip pendek dan berulang menandakan adanya kerusakan pada VGA card atau display adapter. Bila bunyi bip yang keluar panjang dan terus menerus berarti kerusakan terjadi pada bagian SIMM RAM. Untuk menguji apakah benar kerusakan RAM sebaiknya tukarkan SIMM RAM laptop anda dengan yang lain.


Periksa juga layar laptopnya apakah benar-benar gelap atau masih ada bayangan yang tidak jelas. Bila memang masih ada bayangan berarti laptop masih bekerja dan mendapatkan signal dari video card. Setelah itu periksa tombol kecil di dekat LCD yang biasa disebut saklar tutup. Kalau saklar tutupnya kotor bisa jadi kerusakan karena aliran listrik yang terputus akibat kotoran tersebut. Caranya tentu dibersihkan agar koneksi lancar.


Kerusakan juga bisa terjadi pada hardisk yang merupakan kerusakan parah. Cirinya adalah lampu LED menyala tapi layar sama sekali tidak mau menyala, juga tidak ada bunyi apapun. Kerusakan hardisk ini berarti harus diganti dengan yang baru karena kebanyakan kasus hardisk yang rusak tidak dapat diperbaiki. Tapi sebelumnya anda dapat mencoba dengan mengganti hardisk dengan pinjaman. Bila layar menyala berarti memang kerusakan hardisk.


CPU laptop dan CD room juga bisa rusak sehingga layar tidak menampakkan diri. Kerusakan CPU biasanya disertai dengan tidak jalannya program yang lain. Bila semua telah diperiksa dan layar belum juga menyala ada baiknya dibawa ke teknisi saja. Mungkin kerusakan sudah parah atau terjadi pada bagian CPU yang sulit diperbaiki sendiri. Tapi semoga saja laptop anda tidak pernah menemui adanya black screen. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Cepat Dapat Rider Go-Jek, Ganti Saja Nama Pemesan Dengan Nama Artis

Nasabah Bank Mandiri di Bengkulu ini Tiba-tiba Terima Uang Rp. 100 Triliun

Trik Marketing Unik Starbucks, Salah Tulis Nama Agar Pelanggannya Kesal!