Berbagai Penyebab Windows Tidak Tampil Pada Layar

Berbagai Penyebab Windows Tidak Tampil Pada Layar - Kebutuhan akan komputer atau laptop memang tidak dapat diragukan lagi. Sekarang, publik seolah menempatkan komputer atau laptop dengan sistem operasi windows menjadi kebutuhan pokok dan tidak bisa dijauhkan darinya. Lalu bagaimana kita hendaknya merawat barang kesayangan kita itu? Dan bagaimana jika tiba-tiba layarnya mati atau windows tidak tampil pada layar padahal perangkat tersebut sudah dalam keadaan menyala.


Sebagai manusia, wajar jika anda panik begitu kondisi layar blank ini terjadi pada komputer anda. Ibarat anda dipukul, maka saat itu anda akan menjawab “aduh, sakit” atau langsung membalas orang yang memukul anda tersebut. Namun, saran saya, jangan terlarut dengan rasa panik yang mendera anda ini, karena laptop kesayangan anda kini sedang membutuhkan anda untuk lebih fokus dan mencari sebabnya.


Berikut adalah hal-hal yang mungkin menjadi alasan atau sebab windows tidak tampil pada layar:


1. Periksa laptop secara menyeluruh lebih dulu


Cobalah untuk me-restart terlebih dahulu perangkat anda (dengan tombol dari CPU). Jika masih sama, periksalah secara menyeluruh. Barangkali ada kabel yang tidak terpasang dengan pas atau tombol power layar yang belum dinyalakan. Jika memang tidak ada, silahkan baca sebab selanjutnya.
2. RAM (random access memory)


Penyebab yang mungkin sekali terjadi adalah RAM yang berdebu. Letak memory yang berfungsi untuk data ini memang di dalam, sehingga tidak terlihat oleh kasat mata. Anda perlu membukanya untuk memastikan ini terjadi. Dan saat anda buka ternyata RAM ini memang tidak bersih, segera bersihkan RAM tersebut. Ke depannya, anda harus lebih memperhatikan laptop anda, merawat dan menjaga kebersihannya untuk menghindari layar windows mati terjadi lagi.


3. Processor terlalu Hot


Kemungkinan keduanya, anda mungkin terlalu sering menggunakan komputer anda dan lupa untuk memberikan waktu santai atau mendinginkannya. Laptop juga seperti manusia, bisa kelelahan jika tenaganya terlalu diforsir. Coba cek processor laptop, jika terlalu panas mungkin processor anda memang sudah overheating. Sarannya, diamkan dulu. Dan jangan lupa untuk mengambil pelajaran, jangan sampai hal ini terulang lagi di masa depan dengan cara lebih bijak menggunakan perangkat tersebut.


4. VGA terganjal sesuatu


Kartu grafis VGA (Video Graphics Array) adalah menu penting yang harus anda periksa ketika layar anda tidak memunculkan tampilan karena fungsinya mengubah sinyal digital menjadi gambar yang tampil di screen perangkat anda. Periksa secara cermat, karena bentuknya yang kecil akan menyulitkan anda. Jika anda melihat ada debu atau pengganggu lain yang membuat VGA tidak bisa berjalan, segera bersihkan. Namun, masalahnya akan menjadi lain jika VGA card anda ternyata sudah rusak.


5. Masalah Software


Kondisi lainnya, layar anda menyala dan tampak berfungsi normal, tapi gambar latar dari windows hanya berwarna hitam. Kemungkinan besar sebabnya adalah windows anda tidak asli dan sudah ketahuan.


Demikianlah lima penyebab yang bisa menjadikan layar anda blank dan tidak memunculkan windows. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Cepat Dapat Rider Go-Jek, Ganti Saja Nama Pemesan Dengan Nama Artis

Nasabah Bank Mandiri di Bengkulu ini Tiba-tiba Terima Uang Rp. 100 Triliun

Trik Marketing Unik Starbucks, Salah Tulis Nama Agar Pelanggannya Kesal!